Senin, 23 Januari 2017

PENYUSUNAN RENCANA USAHA


PENYUSUNAN RENCANA USAHA
“MAULANALDI BRANDING HOUSE”

Latar Belakang
Seiring dengan persaingan bisnis dan meningkatnya era perkembangan teknologi yang begitu cepat, dewasa ini pemasaran memiliki peranan penting terhadap kemajuan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisinis yang makin kompetitif. Berbagai usaha pun ditempuh oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan agar mampu menghasilkan keuntungan yang di inginkan. Yaitu dengan melakukan strategi pemasaran yang baik agar bisa menentukan bagaimana produknya bisa dikenal dan kemudian bisa dikonsumsi oleh para konsumen. Salah satu langkah yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menguatkan nama merek dari produknya. Saat ini peran merek semakin jelas terasa dampaknya terhadap keberhasilan pemasaran.
Disadari maupun tidak, kehidupan sehari-hari dikelilingi oleh yang namanya merek ini. Fenomena ini dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda, layaknya sebuah mata uang logam. Di satu sisi, konsumen dipermudah dalam melakukan pemilihan dengan adanya merek pada produk yang dicari. Namun dari sisi lain, terjadi dilema yang justru menimbulkan kebingungan baru bagi konsumen untuk memilih produk di tengah situasi banyaknya kemiripan dari berbagai merek yang di tawarkan dipasar. Peluang tersebut memberikan kesempatan bagi kami “Maulanaldi Branding House” untuk mendirikan usaha dibidang jasa branding produk, produk yang kami buat merupakan jasa pembuatan brand seperti desain logo, desain kemasan, desain mascot dll. yang berhubungan dengan pembuatan brand atau identitas suatu produk. Produk yang dibuat “Maulanaldi Branding House” merupakan produk desain yang berbeda, desain yang dibuat merupakan desain esklusif yang dapat mudah dikenali sebagai brand atau identitas produk tersebut.

Tujuan Usaha
Adapun tujuan dari dilakukannya bisnis jasa branding produk tersebut adalah sebagai berikut.
 Menjadi penyedia jasa branding produk terbesar di depok.
Menjadi pelopor jasa branding produk yang inovatif.
Menjadikan brand atau merek sebagai elemen penting dalam keberhasilan suatu produk.
Mendapat keuntungan dari peluang usaha jasa branding produk.

             Struktur Organisasi
               Struktur Organisasi Maulanaldi Branding House

Gambaran Produk
Produk yang dihasilkan oleh “Maulanaldi Branding House” merupakan produk jasa dalam bidang branding produk yang terdiri dari desain logo, desain kemasan, desain mascot dan lain-lain yang berhubungan dengan pembuatan brand atau identitas suatu produk. Berikut adalah beberapa gambaran produk jasa yang dihasilkan.
Gambar Desain Logo
Gambar Desain Kemasan
Gambar Desain Kemasan
Gambar Desain Maskot

Lokasi

Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pusat pertokoan dan bisnis di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat.  akses lokasi yang mudah terlihat dan berada di jalan utama dari jalan margonda raya yang merupakan jalan akses bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

Gambar Peta Lokasi Bisnis

Target Pasar
Target pasar dari “Maulanaldi Branding House” adalah industry kreatif atau ukm daerah kota depok yang membutuhkan brand atau merek sebagai media untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat agar mudah dikenali atau sebagai identitas industry maupun produk tersebut.

Analisis Pasar (SWOT)
Analisis pasar dilakukan guna mengetahui kelebihan dan kelemahan dari usaha tersebut kemudian peluang dari usaha tersebut serta ancaman usaha tersebut.
Strength (Kekuatan) : 
Ø Produk inovatif dan esklusif. 
Ø Produk sesuai dengan keinginan konsumen 
Ø Memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen 
Ø Mewujudkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan berkualitas 
·              Weaknes (Kelemahan) :
Ø Berubahnya trend desain grafis nasional
Ø Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional 
Ø  Sumber daya manusia yang terbatas
·               Oportunity (Peluang) : 
Ø Maejaga mutu dan kualitas produk adalah hal yang harus dipertahankan, dengan itu “Maulanaldi Branding House” yakin dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari. 
Ø Saat ini dengan minimnya perusahaan yang bergerak di bidang branding produk di jalan margonda raya, depok, membuat kami yakin bahwa kedepannya usaha kami akan maju. 
·              Threaty (Ancaman) :
Ø Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam kreativitas dan promosi diskon. 
  
Finansial Usaha
Investasi Awal :
Perangkat Komputer & Sofware Design                    Rp. 75.000.000,-
Meja & Kursi                                                              Rp. 5.000.000,-
Interior                                                                        Rp. 3.000.000,-
AC                                                                              Rp. 3.500.000,-
Lemari File                                                                  Rp. 1.000.000,-
Telepon                                                                       Rp. 480.000,-
Total :                                                                          Rp. 87.980.000,-

Biaya Tetap :
Sewa Tempat                                                              Rp. 50.000.000,-
Gaji Tenaga Kerja                                                       Rp. 22.500.000,-
Total :                                                                          Rp. 72.500.000,-

Biaya Tidak Tetap :
Biaya Air                                                                     Rp. 4.200.000,-
Total :                                                                          Rp. 4.200.000,-

Biaya lain-lain :
Promosi                                                                       Rp. 5.000.000,-
Listrik                                                                          Rp. 8.000.000,-
Transportasi                                                                 Rp. 3.000.000,-
Administrasi                                                                Rp. 4.500.000,-
Maintenance                                                                Rp. 6.000.000,-     
Total :                                                                          Rp. 26.500.000,-
  
Total Biaya :
Investasi Awal                                                                        Rp. 87.980.000,-
Biaya Tetap                                                                 Rp. 72.500.000,-
Biaya Tak Tetap                                                          Rp. 4.200.000,-
Biaya lain-lain                                                             Rp. 26.500.000,-
Total :                                                                          Rp. 191.180.000,-

Harga Jual Produk :
Desain Logo                                                                Rp. 125.000,-
Desain Kemasan                                                         Rp. 250.000,-
Desain Maskot                                                            Rp. 200.000,-

Break Even Point
-          Berikut adalah Break Even Point untuk produk desain logo:
                  Total Biaya : Harga Jual desain logo
Rp. 191.180.000 : Rp. 125.000 = 1529,44
-          Berikut adalah Break Even Point untuk produk desain kemasan:
                  Total Biaya : Harga Jual desain kemasan 
Rp. 191.180.000 : Rp. 250.000 = 764,72
-          Berikut adalah Break Even Point untuk produk desain maskot:
                  Total Biaya : Harga Jual desain maskot
Rp. 191.180.000 : Rp. 200.000 = 955,9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar