PENYUSUNAN RENCANA USAHA
“MAULANALDI BRANDING HOUSE”
Latar Belakang
Seiring
dengan persaingan bisnis dan meningkatnya era perkembangan teknologi yang
begitu cepat, dewasa ini pemasaran memiliki peranan penting terhadap kemajuan
perusahaan dalam menghadapi persaingan bisinis yang makin kompetitif. Berbagai
usaha pun ditempuh oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan agar mampu
menghasilkan keuntungan yang di inginkan. Yaitu dengan melakukan strategi
pemasaran yang baik agar bisa menentukan bagaimana produknya bisa dikenal dan
kemudian bisa dikonsumsi oleh para konsumen. Salah satu langkah yang dilakukan
oleh perusahaan adalah dengan menguatkan nama merek dari produknya. Saat ini
peran merek semakin jelas terasa dampaknya terhadap keberhasilan pemasaran.
Disadari
maupun tidak, kehidupan sehari-hari dikelilingi oleh yang namanya merek ini.
Fenomena ini dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda, layaknya sebuah mata
uang logam. Di satu sisi, konsumen dipermudah dalam melakukan pemilihan dengan
adanya merek pada produk yang dicari. Namun dari sisi lain, terjadi dilema yang
justru menimbulkan kebingungan baru bagi konsumen untuk memilih produk di
tengah situasi banyaknya kemiripan dari berbagai merek yang di tawarkan
dipasar. Peluang tersebut memberikan kesempatan bagi kami “Maulanaldi Branding
House” untuk mendirikan usaha dibidang jasa branding produk, produk yang kami
buat merupakan jasa pembuatan brand seperti desain logo, desain kemasan, desain
mascot dll. yang berhubungan dengan pembuatan brand atau identitas suatu
produk. Produk yang dibuat “Maulanaldi Branding House” merupakan produk desain
yang berbeda, desain yang dibuat merupakan desain esklusif yang dapat mudah
dikenali sebagai brand atau identitas produk tersebut.
Tujuan Usaha
Adapun
tujuan dari dilakukannya bisnis jasa branding produk tersebut adalah sebagai
berikut.
Menjadi penyedia
jasa branding produk terbesar di depok.
Menjadi pelopor
jasa branding produk yang inovatif.
Menjadikan brand
atau merek sebagai elemen penting dalam keberhasilan suatu produk.
Mendapat
keuntungan dari peluang usaha jasa branding produk.
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Maulanaldi
Branding House
Gambaran Produk
Produk yang dihasilkan
oleh “Maulanaldi Branding House” merupakan produk jasa dalam bidang branding
produk yang terdiri dari desain logo, desain kemasan, desain mascot dan
lain-lain yang berhubungan dengan pembuatan brand atau identitas suatu produk.
Berikut adalah beberapa gambaran produk jasa yang dihasilkan.
Gambar Desain Logo
Gambar Desain Kemasan
Gambar Desain Kemasan
Gambar Desain Maskot
Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di pusat pertokoan
dan bisnis di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat. akses lokasi yang mudah terlihat dan berada di
jalan utama dari jalan margonda raya yang merupakan jalan akses bagi masyarakat
sekitar, sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
Gambar Peta Lokasi Bisnis
Target Pasar
Target pasar dari
“Maulanaldi Branding House” adalah industry kreatif atau ukm daerah kota depok
yang membutuhkan brand atau merek sebagai media untuk memperkenalkan produk
kepada masyarakat agar mudah dikenali atau sebagai identitas industry maupun
produk tersebut.
Analisis Pasar (SWOT)
Analisis pasar
dilakukan guna mengetahui kelebihan dan kelemahan dari usaha tersebut kemudian
peluang dari usaha tersebut serta ancaman usaha tersebut.
Strength (Kekuatan) :
Ø Produk
inovatif dan esklusif.
Ø Produk
sesuai dengan keinginan konsumen
Ø Memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen
Ø Mewujudkan produk yang sesuai dengan keinginan
konsumen dan berkualitas
· Weaknes
(Kelemahan) :
Ø Berubahnya
trend desain grafis nasional
Ø Persaingan pasar dengan perusahaan yang
berskala nasional
Ø Sumber daya manusia
yang terbatas
· Oportunity (Peluang)
:
Ø Maejaga mutu dan kualitas produk
adalah hal yang harus dipertahankan,
dengan itu “Maulanaldi Branding House” yakin dapat bersaing
walaupun harus bersaing
dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di
kemudian hari.
Ø Saat ini dengan minimnya
perusahaan yang
bergerak di bidang branding
produk di jalan
margonda raya, depok, membuat kami yakin
bahwa kedepannya usaha kami
akan maju.
· Threaty
(Ancaman) :
Ø Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang
sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami, dengan beraneka ragam kreativitas dan promosi diskon.
Finansial Usaha
Investasi
Awal :
Perangkat
Komputer & Sofware Design Rp.
75.000.000,-
Meja
& Kursi Rp.
5.000.000,-
Interior
Rp.
3.000.000,-
AC Rp.
3.500.000,-
Lemari
File Rp.
1.000.000,-
Telepon Rp.
480.000,-
Total
: Rp.
87.980.000,-
Biaya
Tetap :
Sewa
Tempat
Rp. 50.000.000,-
Gaji
Tenaga Kerja Rp.
22.500.000,-
Total
: Rp.
72.500.000,-
Biaya
Tidak Tetap :
Biaya
Air
Rp. 4.200.000,-
Total
: Rp.
4.200.000,-
Biaya
lain-lain :
Promosi
Rp.
5.000.000,-
Listrik
Rp. 8.000.000,-
Transportasi
Rp. 3.000.000,-
Administrasi
Rp. 4.500.000,-
Maintenance
Rp. 6.000.000,-
Total
:
Rp. 26.500.000,-
Total
Biaya :
Investasi
Awal Rp.
87.980.000,-
Biaya
Tetap Rp.
72.500.000,-
Biaya
Tak Tetap Rp.
4.200.000,-
Biaya
lain-lain Rp.
26.500.000,-
Total
: Rp.
191.180.000,-
Harga
Jual Produk :
Desain
Logo Rp.
125.000,-
Desain
Kemasan Rp.
250.000,-
Desain
Maskot Rp.
200.000,-
Break Even Point
-
Berikut adalah
Break Even Point untuk produk desain logo:
Total Biaya : Harga Jual desain logo
Rp. 191.180.000 : Rp. 125.000 = 1529,44
-
Berikut adalah
Break Even Point untuk produk desain kemasan:
Total Biaya : Harga Jual desain kemasan
Rp. 191.180.000 : Rp. 250.000 = 764,72
-
Berikut adalah
Break Even Point untuk produk desain maskot:
Total Biaya : Harga Jual desain maskot
Rp. 191.180.000 : Rp. 200.000 = 955,9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar